Tag

, , , , ,

image

Pendidikan Komunitas (Community Education), juga dikenal sebagai pendidikan berbasis masyarakat atau pembelajaran & pengembangan berbasis masyarakat, adalah program yang dilakukan organisasi untuk mempromosikan pembelajaran dan pengembangan sosial individu dan kelompok di komunitas mereka menggunakan berbagai metode formal dan informal. Definisi umumnya adalah bahwa program dan kegiatan ini dikembangkan berbasis dialog dengan komunitas dan peserta pendidikan. Tujuan dari pembelajaran dan pengembangan masyarakat ini adalah untuk mengembangkan kapasitas individu dan kelompok untuk segala usia berbasis  tindakan dan kapasitas masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas hidup mereka. Inti dari program ini adalah peningkatan kemampuan mereka untuk berpartisipasi dalam proses demokratisasi pendidikan.

Pendidikan Komunitas meliputi semua pekerjaan dan pendekatan yang berkaitan dengan jalannya pendidikan dan program pengembangan dalam komunitas lokal. Lembaga pendidikan seperti sekolah, akademi dan universitas dikenal sebagai sistem pendidikan formal, sedangkan pendidikan komunitas kadang-kadang disebut pendidikan informal. Telah lama dikritisi terhadap aspek sistem pendidikan formal atas kegagalannya di sebagian besar  negara dan mereka akhirnya memiliki perhatian khusus untuk memberi kesempatan belajar dan pengembangan ke daerah-daerah miskin, agar dapat diberikan secara lebih luas.

Ada banyak sekali kalangan yang terlibat Pendidikan Komunitas termasuk otoritas publik dan organisasi sukarela atau non-pemerintah yang didanai oleh negara serta badan-badan pemberi hibah independen. Sekolah, akademi dan universitas juga dapat mendukung pembelajaran dan pengembangan masyarakat melalui aktifitas  di dalam komunitas dalam jangkauan mereka. Gerakan sekolah komunitas telah mendapat dukungan kuat sejak tahun enam puluhan. Beberapa universitas dan perguruan tinggi telah menjalankan program pendidikan orang dewasa di komunitas lokal selama beberapa dekade. Sejak tahun 1970-an kata awalan ‘komunitas’ juga telah diadopsi oleh beberapa aktifitas lain dari sukarewan muda dan pekerja kesehatan, perencana dan arsitek yang bekerja dengan kelompok dan komunitas yang kurang beruntung serta telah dipengaruhi oleh pendidikan masyarakat dengan pendekatan pengembangan masyarakat.

Pendidikan Komunitas telah bertahun-tahun mengembangkan berbagai keterampilan dan pendekatan untuk pekerja dalam komunitas lokal dan khususnya dengan orang-orang yang kurang beruntung. Ini termasuk metode pendidikan yang kurang formal,dengan pengorganisasian komunitas dan mengutamakan keterampilan kerja kelompok. Sejak tahun sembilan belas enam puluhan dan tujuh puluhan melalui berbagai program anti kemiskinan di negara maju dan berkembang, praktisi telah dipengaruhi oleh analisis struktural mengenai penyebab kerugian karena kemiskinan, yaitu ketidaksetaraan dalam distribusi kekayaan, pendapatan, tanah dll. Terutama politik kekuatan dan kebutuhan untuk memobilisasi kekuatan orang untuk menghasilkan perubahan sosial. Dengan demikian pengaruh pendidik seperti Paulo Friere dan fokusnya pada pekerjaan ini juga adalah tentang mempolitisasi orang miskin.

Dalam sejarah pendidikan, pembelajaran dan pengembangan komunitas, Inggris telah memainkan peran penting dalam menyelenggarakan dua badan internasional utama yang mewakili pendidikan masyarakat dan pengembangan masyarakat. Ini adalah Asosiasi Pendidikan Komunitas Internasional (International Community Education Association/ICEA), yang selama bertahun-tahun berbasis di Pusat Pengembangan Pendidikan Komunitas (Community Education Development Centre/CEDC) di Coventry UK. ICEA dan CEDC sekarang telah ditutup, dan Asosiasi Internasional untuk Pengembangan Masyarakat (International Association for Community Development/IACD) yang masih memiliki markas besarnya di Skotlandia. Pada 1990-an ada beberapa pemikiran apakah kedua badan ini bisa bergabung. Istilah pembelajaran dan pengembangan masyarakat belum meluas secara luas di negara lain. Meskipun pendekatan pembelajaran dan pengembangan masyarakat diakui secara internasional. Metode dan pendekatan ini telah diakui signifikan untuk pembangunan sosial, ekonomi, budaya, lingkungan dan politik lokal oleh organisasi-organisasi seperti PBB, WHO, OECD, Bank Dunia, Dewan Eropa dan UE.

Sumber:
Working and Learning Together to Build Stronger Communities, Scottish Government Guidance for Community Learning and Development, 2004 seen at Community Learning and Development, Scottish Government Website.

Iklan