Tag

, , , ,

Pada tingkat kebijakan – di banyak negara – pendidikan yang terobsesi oleh pengetahuan. Tapi filsuf Simon Blackburn berpendapat bahwa pengetahuan itu sendiri tidak cukup karena  tujuan akhir siswa adalah pencapaian kebijaksanaan.

Pengetahuan dan kebijaksanaan:
Para Filsuf cenderung tidak mempercayai kata benda abstrak seperti ini. Alih-alih bertanya “Apa itu pengetahuan?” Atau “Apa itu kebijaksanaan?” Kita melihat penggunaan dan perbedaannya pada kehidupan sehari-hari sebetulnya banyak. Beberapa orang tahu apa itu atau siapa yang tahu bahwa Bumi bulat dan atmosfernya saat ini sedang memanas. Orang nampaknya bisa berinvestasi dengan bijak, makan atau minum dengan bijak. Dalam kasus-kasus yang biasa ini, tidak ada perbedaan yang mencolok: “Jika kita menganggap pasangan telah membesarkan anak-anak mereka dengan bijak, kita mungkin juga mengatakan bahwa mereka tahu bagaimana membesarkan anak-anak mereka dengan baik.”

Tapi sejumla pengetahuan tampaknya tidak ada hubungannya dengan kebijaksanaan. Anda tidak bisa secara alami dikatakan bermain golf dengan bijak, betapa pun rendahnya Handicap Anda dan betapapun baiknya Anda tahu bagaimana bermainnya. Anda mungkin dengan bijaksana mencurahkan sejumlah waktu – untuk berlatih atau bermain golf sendiri.

Pengetahuan memiliki perhatian paling besar dalam pendidikan dan tradisi filosofis Barat. Plato mengemukakan bahwa pengetahuan adalah keyakinan sejati ditambah Logo (Logik), yang berarti sesuatu yang mirip dengan alasan atau rasional. Idenya adalah bahwa dugaan (guess) atau firasat (hunch)  bisa berubah menjadi kenyataan. Tetapi tidak ada artinya bila tidak ada dukungan yang tepat sebagai bukti seseorang mengetahui sesuatu. Pengamatan yang cermat, kesimpulan yang masuk akal, sumber terpercaya, catatan keberhasilan dan reliabilitas data semua berkontribusi pada hal ini, dan kadang-kadang berhasil.

Seperti peribahasa:

Sebuah kata yang bijak tidak diperlukan. Hanya orang bodoh yang membutuhkan nasehat (A word to the wise ain’t necessary. It’s the stupid ones that need the advice)  – Bill Cosby

image