Tag

, , , , , ,

Apakah Kewirausahaan Bisa Diajarkan Melalui Game? Inilah pendapat salah seorang mahasiswa setelah mengulas Game Wirausaha di http://Bizgame101.com.

Adhi Purwosunu (0604058)

Ulasan Game Wirausaha di http:\Bizgame101.com

Ada tiga highlight di bizgame yaitu :

  1. Mini game, disini user dapat memainkan game-game yang berkaitan dengan wirausaha
  2. Bangun Usahamu.
  3. Tips dan trik, disini user disuguhi dengan tips dan trik yang dibutuhkan apabila ingin berwirausaha

Di dalam menu utama kita dapat melakukan beberapa aktivitas yaitu belajar, bekerja, belanja, dan membangun usaha. Selain itu kita juga dapat mengatur profil kita dan bertanya kepada paman mengenai  hal-hal yang berkaitan dengan game.

  1. Aktivitas bekerja merupakan aktivitas untuk mengumpulkan point dengan cara bekerja di bidang kuliner, fashion dan ternak.
  2. Aktivitas belajar merupakan aktivitas untuk menambah soft skill, seperti time management, resource planning, dan management resiko.
    1. Time management atau pengelolaan waktu berarti kemampuan untuk mengatur dan merencanakan aktivitas, sehingga waktu dapat teralokasi dengan baik. Hal pertama yang harus dilakukan dari manajemen waktu adalah bertanya pada diri sendiri hal apa yang harus dilakukan dengan waktu yang dimiliki untuk setiap harinya.
    2. Pengelolaan Sumber daya, pengelolaan sumber daya berarti pemanfaatan sumber daya secara efektif dan efisien sesuai aktivitas kebutuhan perusahaan. Sumber daya yang dimiliki perusahaan termasuk sumber daya finansial, tenaga kerja, produksi, atau bahkan teknologi dan atau informasi. Ketersediaan sumber daya berbeda-beda bagi setiap perusahaan sehingga hal pertama yang diperlukan dalam pengelolaan sumber daya adalah pendataan dan pencatatan (inventarisasi) yang baik.
    3. Analisis Resiko
  3. Aktivitas belanja merupakan aktivitas untuk menambah item-item yang dimiliki yang selanjutnya berguna untuk membangun usaha.

Game Restoran

Pertama kali saya mencoba game yang temanya bekerja di restoran. Yang menjadi tutor di sini adalah chef Chandra. Dalam mini game tersebut saya diharuskan mencuci piring menggunakan berbagai berbagai macam permbersih yang tepat. Apabila saya menggunakan pembersih yang tidak sesuai dengan piring yang akan dicuci akan muncul tanda “x” yang berarti saya salah dan waktu akan semakin berkurang. Di game ini kita harus belajar manajemen waktu. Bagaimana memanfaatkan waktu yang tersedia dan mengambil keputusan yang tepat walaupun dikejar deadline.

Game ini juga menganjurkan agar kita bisa memanfaatkan waktu dengan efisien sebagai salah satu soft skill dalam berwirausaha.

Di dalam game kita dapat mendapatkan poin setiap kali kita bermain, dan akan dapat naik level apabila point kita telah sampai pada titik tertentu.

Ketika saya level up, ada trik dari chef Chandra bahwa selain kerja keras dan manajemen waktu, untuk membuka usaha di bidang kuliner, dibutuhkan inovasi untuk membuat menu yang unik dan istimewa. Banyak belajar dari koki yang sudah berpengalaman, banyak melakukan eksperimen, dan tidak boleh malas.

Menurut saya semuanya penting, namun yang paling saya setujui adalah yang kedua, karena dengan adanya kreatifitas dan inovasi kita dapat membuat produk – produk yang berbeda dengan produk yang telah beredar di pasaran. Dengan membuat produk kita unik, diharapkan kitalah yang akan menjadi trend-setter yang selanjutnya semoga menjadi market leader. Untuk memperoleh kreatifitas dan inovasi ini menurut saya dibutuhkan situasi yang kondusif dan sikap optimis, karena dibandingkan dengan pilihan yang lain, sikap ini memilki resiko yang terbesar karena produk yang ditawarkan mungkin tidak sesuai dengan selera pasar. Harus dibutuhkan sikap pantang menyerah karena usaha yang menawarkan keunikan seperti ini membutuhkan banyak trial dan error.

Di level ketiga saya mendapatkan trik dari chef Chandra bahwa dalam berwirausaha kita tidak boleh mudah menyerah. Chef Chandra juga menyinggung data yang dikeluarkan APEC, bahwa tren pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan terus naik di tahun 2013, sehingga akan banyak investor baik lokal maupun non-lokal yang berlomba-lomba untuk menanamkan investasinya di indonesia.  Hal ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan cara mulai berwirausaha dan mengambil bagian dalam membuat masyarakat makin sejahtera.

Game Beternak

Saat naik ke level 3 di game beternak ini, pak Sholeh mengatakan bahwa negara indonesia merupakan salah satu dari 3 negara di asia pasifik yang produk domestik bruto-nya naik di tengah krisis perekonomian global, sehingga sebenarnya kita berada di lingkungan ekonomi yang kondusif dan memotivasi kita untuk berwirausaha.