Tag

, ,

Sekarang ini peranan elektronika dalam kehidupan banyak banget.Mulai dari TV, Komputer, Radio de el el. Dan kebanyakan, elektronika menggunakan listrik (yealah masa pake tenaga dalem ;p) Oke itu just for fun aja ye…..
Elektronika dalam industri itu intinya merupakan benda untuk memudahkan, efisien, dan meningkatkan produktifitas. Ini dilakukan untuk penekanan pengeluaran yang berlebih. Secara ya, IPTEK itu udah berkembang jauh, dari yang asalnya radio butut, jadi tipi item putih sampe tipi plasma cem sekarang2 ini.
Sama halnya dengan di Perindustrian, dulu yang harus dikerjain manual, cekrak cekrek pake palu ini itu skrg udah pake mesin yang kepresisiannya ampir 100%. Dulu satu benda dikerjain rame rame trs lama lagi, mahal nyari bahannya, mahal bayar pegawainya. Skrg mah tinggal cklik tuas ama seekor manusia, biarin mesin jalan, tungguin, berees. ngehemat waktu, biaya dan super efisien kan?
Tapi kekurangannya ya mempersempit lapangan kerja sih. Dan otomatis harus lulusan sarjana teknik juga biar ngerti gimana cara ngejalaninnya ini itu bla bla bla. Tapi ini harusnya bukan menjadi masalah, justru harusnya membuat persaingan industri menjadi ketat, sehingga produsen kelas menengah ke bawah dapat bermerger ria buat ngelawan produsen kelas atas.
Nah peran saya sekarang cuma bisa belajar dan mengikuti proses pembelajarannya aja, biar nanti kalau diaplikasiin bisa buat sebuah perindustrian yang menggunakan elektronika, namun juga dapat menyerap tenaga kerja manusia yang baik pula. Bukan berarti asal cabut, tapi berkompeten dalam pekerjaannya. Orang tanpa pendidikan yang amat rajin jauh lebih baik daripada lulusan doktor yang pemales kok.
Yang penting kita bisa menggunakan kelebihan kita buat ngebantu yang kurang beruntung. Disini, sebagai lulusan Teknik Indusri, alangkah baiknya apabila kita membuka usaha yang menggunakan tenaga kerja yang baik, dan penggunaan IPTEK yang bagus pula. Soal pengguna IPTEK yang bagus sih ga perlu dari jurusan teknik, tapi cukup dikasih tau atau diajari dari nol. Ga rugi rugi amat kok ngajarin ini itu bla bla bla juga. Lagian pahala nambah kok, trus kan kalau gitu bisa menekan biaya penggajian karyawan😛