Tag

, , , ,

 Apa kegiatan anda sehari-hari?  

Santai dan  “easy going” ? Tak tahu mana yang  penting dan genting?  Menikmati kegiatan yang penting namun tidak genting? Pusing tujuh keliling dengan hal yang tidak penting namun genting?  Serta “having fun” untuk kegiatan yang tidak penting dan tidak genting?

Apa sesungguhnya  prioritas  anda dalam hidup ini?  Keluarga, Karir,  Kesenangan, Harga diri, Uang/Kekayaan, Pendidikan atau sama saja? Pilihan atau prioritas tersebut menjadi semacam “komedi putar” yang membingungkan kita semua untuk menentukan yang terbaik. Coba lihat matriks  waktu  di bawah ini………

Pada matriks-1 terlihat contoh2 kegiatan yang memakan energi besar (ingat Teori: Energi=  Daya/Gaya x Waktu) karena sifatnya yang penting dan genting (“urgent”)  . Matriks-2 memperlihatkan kegiatan penting namun tidak genting. Matriks-3 dipenuhi kegiatan yang tidak penting namun tiba2/mendadak harus diselesaikan…….. Terakhir Matriks-4 kegiatan yang tidak penting dan juga tidak genting….

Sesuai dengan arahan dari Bapak Stephen Covey, sebetulnya yang perlu menjadi prioritas kita adalah kegiatan pada maktriks-2 dengan mendahulukan kegiatan2 penting namun tidak genting seperti Pencegahan (Prevention…Inga2……..mencegah itu lebih baik dari pada mengobati/memperbaiki), Membangun Hubungan Baik (Relationship), Perencanaan/Persiapan (Planning/Preparation), Sistem Implementasi(Implementing Systems) dan Pengetahuan Profesional (Proffesional Knowledge). 

Coba kita lihat dan renungkan gambar di bawah. Seseorang sedang menuangkan kerikil, pasir dan air ke sebuah bejana? Urutan mana yang harus diikuti diantara ketiganya bila massanya sama besar agar bejana dapat menampung sebanyak-banyaknya? Apa perbedaannya?


Foto dari: http://i4.photobucket.com/albums/y137/hanan2jahid/Gelas.jpg

Menurut percobaan bila kita urutkan pengisian bejana dengan urutan:
  1. Mengisi bejana dengan kerikil terlebih dahulu
  2. Kemudian dimasukkan pasir pada bejana dan diratakan atau di-goyang2 agar masuk di-sela kerikil.
  3. Terakhir air dituangkan sampai memenuhi bejana.

Terbukti dengan urutan diatas, volume yang dapat diterima oleh bejana akan paling besar dibanding dengan urutan penuangan yang lain.

Hal ini sesuai dengan hukum fisika sederhana sbb: 

  1. Kerikil akan mengisi bejana dengan volume paling besar.
  2. Pasir akan mengisi volume dari bejana diantara rongga kerikil2 yang ada
  3. Air akan memenuhi semua tempat yang tersisa dari bejana sampai penuh.

Apa hubungannya dari perumpamaan di atas dengan prioritas hidup anda?

Sekali lagi menurut Pak Covey (lihat clip videonya disini), dalam hidup kita harus mencari kegiatan dengan prioritas pertama dan utama (digambarkan dengan kerikil) seperti kegiatan matriks-2. Kemudian kita mengisi sela atau celah waktu kita dengan kegiatan pada matriks-1(digambarkan dengan pasir) dan matriks-3 (digambarkan dengan air) dengan jumlah persentase gabungan keduanya tidak boleh melebihi kegiatan matriks-2 . Sedangkan kegiatan pada matriks-4 hanyalah merupakan kegiatan yg boleh ada atau bisa jadi tiada serta tidak merugikan diri anda. 

So….bagaimana dengan anda?